Welcome To Elis Blog

Minggu, 23 Oktober 2011

Analisis kepuasan konsumen terhadap ponsel nokia di kelapa dua Depok

BAB III
Metodologi Penelitian

3.1 Model Penelitian
A. Variabel Pengaruh (X)
Yaitu persepsi masyarakat kelapa dua depok terhadap ponsel nokia yang ada di iklan televisi (X1) atau media papan reklame (X2)
B. Variabel kepuasan konsumen (Y)
Yaitu bagaimana masyarakat kelapa dua mempersepsikan citra merek dari NOKIA

3.2 Data dan Variabel
Media Televisi (X1): Pesan iklan Nokia di televisi menggambarkan Kualitas dan keunggulan yang mampu menarik minat para konsumen.
Media media papan reklame (X2) : Melalui media ini, konsumen bisa melihat secara langsung barang yang akan dipasarkan. Selain itu ada hadiah dan diskon khusus untuk type yang baru keluar, sehingga menarik minat para konsumen.
Kepuasan Konsumen (Y) : Menunjukkan bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap promosi yang dilakukan menyangkut diskon, kualitas ,keunggulan produknya.

3.3 Teknik Pengumpulan Data
Teknik yang dilakukan cdengan memberikan kuesioner kepada masyarakat Kelapa Dua Depok dari berbagai usia.

3.4 Sumber Data
a. Data Primer
Yaitu data yang diperoleh atau dengan survey lapangan menggunakan semua metode pengumpulan data original. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kuesioner untuk memperoleh data dari responden.
b. Data Sekunder
Yaitu data yang telah dikumpulkan oleh lembaga pengumpul data. Untuk memperoleh data sekunder, peneliti melakukan studi pustaka, penelaan majalah-majalah dan internet.

3.5 Tahapan Penelitian
• Membuat kuesioner
• Menentukan seberapa banyak objek yang akan diteliti
• Membagikan kuesioner tersebut kepada para responden
• Mengumpulkan kuesioner
• Mengolah datanya menjadi sebuah laporan

3.6 Sampel Dan Populasi
Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling (metode acak) dengan melibatkan responden sebanyak 110 orang yang merupakan pengguna Nokia. Kuesioner disebarkan secara langsung yang disertai dengan wawancara dengan responden dan metode droff of. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa profil demografi responden tidak mengikat secar pasti., karena ponsel nokia digunakan oleh hampir segala rentang usia, namun didapati bahwa pengguna nokia dalam penelitian ini sebagian besar didominasi oleh kelas usia 15-25 tahun, tingkat pendidikan, pekerjaan dan penghasilan/konsumsi. Nokia juga tidak mensegmentasikan produknya berdasarkan jenis kelamin dan usia. Pensegmentasian dilakukan dengan melihat needs dan kebutuhan akan fitur yang menggambarkan cara berfikir dan gaya hidup pengguna Nokia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar