Welcome To Elis Blog

Sabtu, 12 November 2011

Analisis kepuasan konsumen terhadap ponsel nokia di kelapa dua Depok

BAB IV
Hasil Penelitian

4.1 Hasil Penelitian
Kualitas produk dalam kepuasan konsumen sangat penting karena kualitas produk sebagai tolak ukur dalam suatu produk. Nokia sebagai produsen handphone sangat memperhatikan kualitas-kualitas produk yang di produksinya dengan melakukan pengawasan yang ketat oleh tenaga ahli.

4.2 Analisis Deskriptif

Pada penelitian ini terdapat 3 (tiga) variabel, yang terdiri dari satu variabel terikat yaitu Variabel keputusan membeli (Y) dan dua Variabel bebas yaitu Media televisi (X1),dan media papan reklame (X2).

4.2.1 MEDIA TELEVISI (X1)

Variabel dari media televisi diukur dengan menggunakan 9 items pernyataan. Berikut ini merupakan item dari pernyataan yang ada beserta persentase jawaban responden yang rata-rata memilih setuju terhadap pernyataan yang diajukan:
• Isi berita 65,34%
• Kualitas gambar 56,35%
• Tema iklan 58,37%
• Latar belakang 68,25%
• Musik 58,73%
• Bintang iklan 64,29%
• Jam tayang 69,84%
• Lama waktu 73,02%
• Frekuensi tayang 71,43%
Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kegiatan promosi handphone nokia melalui media pertelevisian menunjukkan tingkatan yang memuaskan konsumen dengan rata-rata tingkat kepuasannya mencapai 91,44 persen.

4.2.2 MEDIA PAPAN REKLAME (X2)

Variabel dari media papan reklame diukur dengan menggunakan 9 items pernyataan. Berikut ini merupakan item dari pernyataan yang ada beserta persentase jawaban responden yang rata-rata memilih setuju terhadap pernyataan yang diajukan:
• Isi berita 73,02%
• Kualitas gambar 76,98%
• Tema iklan 74,60%
• Latar belakang 76,19%
• Ukuran papan reklame 68,25%
• Ukuran huruf 71,43%
• Lokasi 71,43%
• Alat penerangan 66,67%
• Frekuensi tayang 71,43%
Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kegiatan promosi hanphone nokia melalui media papan reklame menunjukkan tingkatan yang memuaskan konsumen dengan rata-rata tingkat kepuasannya mencapai 84,83 persen.

4.2.3 Variabel kepuasan konsumen (Y)

Variabel kepuasan konsumen pengguna handpone nokia diukur dengan tiga item pernyataan. Berikut ini merupakan item dari pernyataan yang ada beserta persentase jawaban responden yang rata-rata memilih setuju terhadap pernyataan yang diajukan:
• Cukup puas 48,41%
• Puas 58,73%
• Sangat puas 61,11%
Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kegiatan promosi hanphone nokia telah berhasil membuat konsumen merasa puas terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh hanphone nokia dengan rata-rata kepuasan mencapai 90,21 persen.

4.3 Analisis statistika

Analisis Statistik digunakan dalam penelitian ini karena data yang ada merupakan data sampel, sehingga untuk dapat membuat suatu kesimpulan yang dapat dijadikan ukuran terhadap parameter dalam populasi perlu dilakukan pengujian secara statistik. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda karena ada lebih dari satu variabel bebas.
Sebelum dilakukan analisis regresi, terlebih dahulu dilihat hubungan antara variabel dengan korelasi. Dengan menggunakan bantuan paket program SPSS for windows versi 14 diperoleh nilai koefesien korelasi antara variabel dan hasil pengujian yang menunjukkan bahwa variabel yang ada memiliki hubungan positif yang signifikan antara satu variabel dengan variabel lainnya dengan taraf nyata 5 %. Hal ini menunjukkan semakin baik promosi yang dilakukan oleh hanphone nokia dengan menggunakan berbagai macam media promosi akan semakin berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan hanphone nokia di Kelapa dua Depok.

4.3.1 Analisis regresi berganda

Analisis regresi digunakan untuk melihat pengaruh media iklan televisi dan media iklan papan reklame terhadap kepuasan pengguna handphone nokia di Kelapa dua Depok. Model persamaan yang digunakan adalah :

Y= a + b1X1 + b2X2 + e

Dari pengolahan data yang dilakukan di dapat persamaan regresi untuk model kepuasan konsumen yang terbentuk adalah sebagai berikut :

Y = 5,597 + 450X1 + 0.401 X2 + e

Dari hasil analisis regresi tersebut diatas terlihat bahwa dari ke dua variabel bebas yang diamati terdapat satu variabel positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu media televisi (X1), sedangkan yang tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen terdapat pada papan reklame (X2).

BAB V
Saran dan Kesimpulan

5.1 Saran

Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel x1 lebih dominan mempengaruhi konsumen maka peneliti menyarankan kepada pengguna handphone nokia untuk meningkatkan iklannya di televisi dengan menambah inovasi di iklan tersebut agar para konsumen tidak jenuh untuk menontonnya.

5.2 Kesimpulan

Dari hasil pengamatan yang telah diteliti menggunakan regresi linear berganda Y=5,597 + 0,450×1 + 0,401×2 + e dan uji t yang diperoleh untuk variabel periklanan melalui media televisi dan media reklame
-Dari hasil hipotesis sementara yang didapat oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa media televisi dan media papan reklame berpengaruh signifikan yang positif dalam meningkatkan kepuasan konsumen terhadap handphone nokia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar