Welcome To Elis Blog

Sabtu, 15 Oktober 2011

Analisis kepuasan konsumen terhadap ponsel nokia di kelapa dua Depok

BAB II
Landasan Teori

2.1 Teori
Telepon selular (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat. Tidak hanya didunia bisnis, kini dikalangan masyarakat biasa pun, Handphone sudah merupakan kebutuhan. Nokia merupakan salah satu merk handphone yang paling digemari masyarakat.

2.2 Hipotesis
Pelanggan yang menyatakan puas adalah pelanggan yang merasakan nilai dari produsen. Jadi produk atau jasa yang bias memuaskan adalah produk yang memberikan sesuatau yang dicari konsumen sampai tingkat puas.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen
1. Kualitas produk, meliputi :
a. Performance
b. Reability
c. Fitur
d. Keawetan
e. Desain
2. Harga
3. Kualitas pelayanan
4. Emotional factor
5. Kemudahan untuk mendapatkan produk.

2.3 Pengembangan Hipotesis
Pengaruh faktor-faktor mengapa kebanyakan masyarakat cenderung memilih handphone Nokia dibandingkan yang lain yaitu karena tetap terjaganya kualitas handphone Nokia Bahkan sekalipun saat ini sudah semakin banyak merk handphone baru yang keluar,Nokia tetap menjadi idola masyarakat. Karena handphone Nokia fiturnya semakin lengkap, harganya bersaing. Nokia pun memilik berbagai Tipe yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan dan lifestyle konsumennya. Ditambah lagi pelayanan purnajual berupa outlet-outlet konsultasi produk yang dikenal dengan Nokia Care. Outlet ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Biasanya outlet ini dapat ditemukan di mall atau pusat perbalanjaan.
Adapun hipotesis dari penelitian ini adalah:
H1 : Ada pengaruh promosi handphone yg dialkukan nokia terhadap kepuasan konsumen (kelapa dua depok)
H0 :Tidak da pengaruh promosi handphone yg dialkukan nokia terhadap kepuasan konsumen (kelapa dua depok)

2.4 Tinjauan Penelitian Terdahulu
Heru Citra (2006) skripsi : 'Analisis faktor yang mempengaruhi konsumen Dalam menggunakan ponsel Nokia (Jakarta-Bogor). Tujuan Penelitian adalah untuk mendeskripsikan karakteristik pengguna ponsel Nokia (Studi kasus Kota Jakarta dan Bogor)lalu menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi konsumen dalam menggunakan ponsel Nokia, juga menganalisis tingkat kepuasan pengguna ponsel nokia juga menganalisis faktor atribut ponsel nokia yang dapat mempengaruhi perilaku pembelian.
Dede Febrianto (2010) skripsi : ‘Analisis pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan dalam upaya minat beli ulang produk handphone merek nokia di surabaya. Tujuan Penelitian adalah : Untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada produk handphone merek Nokia di Surabaya, dan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang pelanggan pada produk handphone merek Nokia di Surabaya

2.5 Deskripsi Statistik
a. Metode Deskriptif
Analisis metode deskriptif yaitu metode penganalisisan data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, mengklasifikasian, menganalisa dan menginterprestasikan data sehingga dapat memberikan gambaran jelas mengenai masalah yang dihadapi (Sugiyono, 2003: 142)
b. Metode Statistika
Analisis regresi yang digunakan oleh peneliti adalah analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas yaitu iklan televisi (X1) dan papan reklame(X2) terhadap variabel terikat yaitu kepuasan konsumen terhadap ponsel nokia (Y).
Y = a + b1X1 + b2X2 + e
Dimana :

Y = Kepuasan Konsumen

a = konstanta

X1 = Skor pengaruh iklan televisi

X2 = Skor pengaruh papan reklame

b = koefisien regresi berganda

e = Standard eror

Tidak ada komentar:

Posting Komentar