Welcome To Elis Blog

Jumat, 30 September 2011

Jurnal 2

• Tema : Kepuasan Konsumen
• Judul : Analisis Variabel Pembentuk Kepuasan Konsumen pada Ritel Hipermarket di Depok
• Pengarang : Rudhah Maria Ulfah
• Tahun : 2008
• Latar Belakang Masalah : Melihat banyaknya konsumen yang mempunyai keinginan dan kebutuhan beraneka ragam, membuat peluang besar bagi para peralaku bisnis untuk mendirikan tempat ritel modern di kota Depok.
• Masalah : Apakah kepuasan konsumen dapat diukur oleh variable-variabel tertentu, variable manakah yang paling dominan membentuk kepuasan konsumen pada ritel hypermarket.
• Tujuan:
a. Untuk mengidentifikasi variable pembentuk kepuasan konsumen pada ritel Hipermarket di Depok
b. Ingin mengetahui seberapa besar hubungan antar variable pembentuk kepuasan konsumen pada ritel Hipermarket di Depok
• Metodologi :
a. Data & Variabel : Data primer
1. Variable daya tanggap
2. Variable jaminan
3. Variable empati
4. Variable keandalan
5. Variable bukti fisik
b. Model : Sampling Random pada konsumen pada ritel Hipermarket di Depok.
c. Tahapan Penelitian :
1. Uji validitas
2. Uji reliabilitas
3. Analisis korelasi
4. Analisis factor
• Hasil :
a. Hubungan antar variable pembentuk kepuasan konsumen paa ritel Hipermarlet di Depok adalah signifikan.
b. Variable bukti fisik, keandala,daya tanggap,jaminan,empati mampu membentuk komponen utama kepuasan konsumen.
c. Variable daya tanggap yang paling dominan membentuk lepuasan konsumen pada ritel hipermrket di Depok.

• Rekomendasi & Implikasi :
Dari lima variabel yang telah diuji dan dianalisis dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Hubungan antar variabel pembentuk kepuasan konsumen pada ritel hypermarket di Depok adalah signifikan.
2. Variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati mampu membentuk komponen utama kepuasan konsumen.
3. Dari lima variabel yang paling dominan membentuk kepuasan konsumen pada ritel hipermarket adalah variabel Daya Tanggap.
Untuk variabel-variabel yang lain perlu adanya evaluasi dan peningkatan pelayanan yang telah disediakan agar pelayanan kualitas jasa yang disediakan pada ritel hypermarket diterima baik oleh konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar