YUI
adalah bentuk inisiatif Unilever Indonesia dalam menjalankan misi Corporate
Social Responsibility (CSR). YUI melibatkan masyarakat melalui program-program
sosial kemasyarakatan yang juga mampu mendukung setiap brand dalam mengemban
misi sosial. Program-program tersebut dapat dikategorikan ke dalam tiga program
utama, yakni: Program Pendidikan Kesehatan Masyarakat, Program Lingkungan, dan
Program Pengembangan Ekonomi. Di luar program-program ini, YUI juga melakukan
berbagai kegiatan kemanusiaan.
Semua
program disusun berdasarkan empat prinsip, yakni:
·
Relevansi: Program-program yang dikembangkan
selaras dengan bisnis YUI.
·
Model: Program percontohan dikembangkan
terlebih dahulu sebelum direplikasi di daerah lain.
·
Kemitraan: Menggalang dukungan mitra-mitra
strategis yang memiliki visi yang sama.
·
Replikasi: Kegiatan dan pendekatan yang
sukses direplikasi di wilayah-wilayah lain.
Bagaimana YUI melibatkan masyarakat melalui program-program ini?
ThinkBig
YUI memulai dengan mimpi besar yang ingin YUI raih melalui suatu program.
YUI memulai dengan mimpi besar yang ingin YUI raih melalui suatu program.
StartSmall
YUI menindaklanjutinya dengan langkah kecil yaitu mengembangkan model dan menerapkan model di suatu proyek percontohan. Salah satu contoh model yang telah berhasil YUI kembangkan adalah model Jaringan Kader YUI. Penggerak utama dari model ini adalah para fasilitator dan kader YUI yang bertanggung jawab untuk memotivasi masyarakat dalam mencapai tujuan program. Model Jaringan Kader ini telah terbukti sangat sukses dan telah diterapkan dalam program Promosi Hidup Bersih dan Sehat serta program Green and Clean YUI.
YUI menindaklanjutinya dengan langkah kecil yaitu mengembangkan model dan menerapkan model di suatu proyek percontohan. Salah satu contoh model yang telah berhasil YUI kembangkan adalah model Jaringan Kader YUI. Penggerak utama dari model ini adalah para fasilitator dan kader YUI yang bertanggung jawab untuk memotivasi masyarakat dalam mencapai tujuan program. Model Jaringan Kader ini telah terbukti sangat sukses dan telah diterapkan dalam program Promosi Hidup Bersih dan Sehat serta program Green and Clean YUI.
Tentunya, dalam mengimplementasikan program-program
ini, YUI selalu bekerja bersama dengan para pemangku kepentingan lain yang
memiliki visi yang sama. Dukungan yang vital terutama datang dari pemerintah
daerah dan lembaga- lembaga pemerintahan terkait. Media juga berperan penting
dalam proses komunikasi YUI ke publik.
Move fast
Segera setelah model yang YUI kembangkan terbukti dapat
diterapkan di lapangan, YUI bergerak cepat untuk mereplikasi model tersebut ke
wilayah-wilayah lain. Sebagian besar anggaran YUI di alokasikan berupa program.
Hal ini karena YUI percaya bahwa keterlibatan yang berkelanjutan melalui
program-program yang terencana akan memberikan nilai lebih bagi YUI dan
masyarakat yang terlibat.
Berdasarkan survei global yang YUI lakukan di tahun 2007 dan
2008, lebih dari 1,7 juta orang di Indonesia telah menerima manfaat dari
program-program YUI di tahun 2007. YUI berhasil meningkatkan pencapaian YUI di
tahun 2008, dimana lebih dari 2,3 juta orang di Indonesia telah menerima
manfaat dari program-program YUI (meningkat 30%).
1. Program Pendidikan Kesehatan Masyarakat
Program Promosi Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
Program PHBS bertujuan untuk memberikan edukasi kepada
masyarakat mengenai pentingnya hidup secara bersih dan sehat. Program telah
berjalan cukup sukses di Yogyakarta dan Surabaya, dan kali ini YUI akan
melakukan ekspansi ke daerah JawaBarat. Program ini telah berhasil mengadakan
Hari Cuci Tangan Dunia di Jakarta, Yogyakarta dan Malang dengan total peserta
sebanyak 14.000 orang.
Program Pencegahan HIV AIDS
Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada
masyarakat mengenai pencegahan virus HIV AIDS. Program ini berhasil membina
1.247 duta di tingkat sekolah dan 40 duta di tingkat masyarakat. Dengan target
10 sekolah menengah umum, 10 sekolah menengah pertama dan 40 kelompok PKK, dan YUI
memperkirakan sebanyak 9.600 siswa dan 1.200 orang yang berada di bawah payung
Posyandu telah menerima manfaat dari program ini.
Melalui program ini YUI meluncurkan kampanye “Berani Ngomong
Berani Buktiin” dengan roadshow di Jakarta-Bandung mencakup enam sekolah
menengah umum, kompetisi duta dan konferensi pers. Kampanye ini berhasil
menarik minat 3.000 siswa. Selanjutnya, bersama dengan Indonesian Business
Coalition on AIDS (IBCA) YUI menyelenggarakan “Fun Bike, Fun Walk, Fight AIDS
2008”. Lebih dari 1.000 karyawan dan pemangku kepentingan Unilever bergabung
dalam acara ini.
Program Nutrisi
Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai
pentingnya pemberian nutrisi yang cukup pada anak – anak. Bersama dengan
Program Pangan Dunia PBB - World Food Program (WFP), YUI meluncurkan tiga
kegiatan utama, yakni: pemberian makanan tambahan di sekolah dan pendidikan kesehatan
dan nutrisi serta ‘Walk the World’ dan ‘World Food Day’.
Sebagai bukti dukungan kepada salah satu brand YUI, YUI
membantu mengumpulkan lebih dari 100.000 USD yang akan disumbangkan kepada
program pemberian makanan tambahan WFP. YUI memperkirakan sekitar 16.500 orang
menerima manfaat dari program ini.
Selain itu, acara World Food Day yang diadakan dapat
meningkatkan kesadaran para karyawan Unilever sendiri.
Acara ini berhasil menarik partisipasi dari sekitar 100
karyawan Unilever.
2.
Program Lingkungan
Program
Green and Clean
Program
ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya
menjaga lingkungan sekitar. YUI memperdalam dan memperluas program Green and
Clean di Surabaya dan Jakarta serta memperluas program YUI ke kota – kota besar
lainnya, seperti Yogyakarta, Medan, Bandung, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar,
Manado dan Denpasar.
YUI
juga mengembangkan Program Litterbug dan Trashion guna
mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilahan sampah. Melalui program ini YUI
juga ingin merubah pandangan mereka tentang sampah. YUI membina 40 pusat
wiraswasta Trashion dengan lebih dari 400 anggota di Surabaya, Jakarta
dan Yogyakarta. Angka penjualan produk Trashion berbeda-beda di tiap
pusat daur ulang. Sebagai contoh, seorang wiraswasta Trashion yang
sukses di Jakarta berhasil memproduksi 20-30 barang per bulan dan mendapatkan
Rp. 4-5 juta perbulan.
Selanjutnya,
YUI juga menjalankan Program Green School dan Green Office setiap tahunnya.
Kedua program ini bertujuan untuk mendekatkan publik kepada masalah-masalah
yang berkaitan dengan pemanasan global. Perlombaan Jakarta Green Office juga
turut diluncurkan berkolaborasi dengan para mitra Jakarta Green and Clean dan
WWF. Perlombaan ini diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari lembaga
pemerintahan, perusahaan swasta, sekolah, rumah sakit dan lembaga swadaya
masyarakat.
3.
Program Pengembangan Ekonomi
Program
Pengembangan Petani Kedelai Hitam
Program
ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan petani melalui pendampingan,
pembinaan, fasilitasi akses pasar dan fasilitasi pembiayaan. Program ini
merupakan bagian dari strategi Unilever untuk memastikan keberlanjutan pasokan
bahan baku.
Program
ini awalnya diluncurkan pada tahun 2002 dengan 12 petani dan tanah garapan
sebesar 5 hektar. Di tahun 2007 dan 2008, program ini telah berhasil membina
lebih dari 6.000 petani di 7 kecamatan di daerah Jawa dan mencakup 1.170 hektar
tanah garapan.
Para
petani binaan YUI rata-rata mampu memproduksi 0.7-2.7 ton kedelai hitam per
hektar dan mampu berkontribusi sebesar 25% dari total kebutuhan kedelai hitam
Unilever. YUI juga berhasil mengidentifikasi 8 koperasi daerah dan merintis
pendirian 3 koperasi baru untuk membantu perputaran dana bagi para petani.
Selebihnya, YUI meluncurkan program pemberdayaan perempuan
dan kompetisi antar petani untuk memperkuat ikatan antara Unilever dan para
petani.
Program Pengembangan Petani Gula Kelapa
Program ini telah membentuk 500 petani gula kelapa di
Lampung dan Sukabumi. YUI meluncurkan proyek penanaman kelapa kembali di daerah
Pangandaran (12.500 tunas kelapa).
4. Program Bantuan Kemanusiaan
Di luar program-program terencana di atas, sebagai bagian
dari komitmen YUI terhadap masyarakat yang lebih luas, YUI menjalin hubungan
erat dengan sejumlah organisasi masyarakat sipil seperti Indonesia Peduli,
Indonesia Philanthropy Association, Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan dengan
sejumlah mitra media dan retailer untuk menanggapi berbagai keadaan darurat
kemanusiaan yang terjadi di Indonesia.
Sepanjang tahun 2007-2008 saja, YUI telah memberikan 25.000
paket bantuan darurat bagi korban-korban bencana gempa bumi dan banjir di
Bengkulu, Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur serta menyumbangkan lebih dari
800.000 produk Unilever sebagai bagian dari kegiatan kemanusiaan YUI.
TANGGAPAN
Menurut saya, dengan adanya program Corporate
Social Responsibility (CSR) ini merupakan kegiatan sosial yang sangat bagus
untuk bagi para karyawan dan lingkungan sekitar. Pertahankan kegiatan sosial
seperti ini di setiap tahunnya dan tingkatkan lagi kepedulian sosial terhadap
lingkungan sosial agar masyarakat lebih nyaman dan lebih percaya dalam
menggunakan produk perusahaan tersebut.
Sumber : http://unilevergreenandclean.co.id/id.php/aboutus/yayasan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar